Sabtu, 20 November 2010

Kecewa->Terpuruk->Bahagia

Pernah merasa dalam keadaan terpuruk?? Paliiiiing terpuruk. Berada pada titik puncak keterpurukan. Mungkin diantara kalian pernah merasakan hal ini. Saya pernah merasakan keadaan ini. Keadaan dimana saya sangat kecewa, marah, benci, sedih dan perasaan emosi yang tak seharusnya ada kala itu. Semua orang saya salahkan sebagai penyebab kegagalan saya pada waktu itu termasuk diri saya sendiri dan seharusnya pun saya tidak bersikap demikian. Satu hari penuh saya habiskan waktu mengurung diri dalam kamar. Menangis... kadang menertawakan kegagalan saya. Betapa bodoh dan gilanya saya kala itu.



Dalam keadaan tersebut saya banyak curhat dengan orang-orang yang mampu memberi saya ketenangan, tidak lupa disetiap sujud saya selalu curhat sama Allah swt. Panjang lebar saya curhat meluapkan uneg-uneg saya kepadaNya. Musik dan buku adalah sesuatu yang saya butuhkan setelahNya. Seperti dikasih jalanNya, saya menemukan buku yang ntah dari kapan saya beli dan belum 1 halaman pun saya baca, mungkin karena kesibukan saya pada waktu dulu. Buku yang pada halaman pertama pun saya sudah dibuat tersenyum. Lembar demi lembar halaman tak kulewati sedikit pun. Waktu pun ikut terlewati seiring berakhirnya cerita demi cerita dalam buku itu.

Keesokan harinya, saya mulai merasa tenang. Sejenak melamun didepan jendela kamar sambil memperhatikan burung-burung gereja yang terbang kesana-kemari. Saya mengerti.. Keadaan yang saya alami hari kemarin adalah suatu fase kehidupan. Roda kehidupan yang terus berputar. Tak selamanya apa yang saya inginkan dapat selalu terwujud.



Tiada hidup tanpa kegagalan, jatuh, duka, derita dan pengorbanan. Hidup memang tidak selamanya berjalan mulus dengan apa yang kita pikirkan sebelumnya. Ada berbagai macam tantangan hidup yang harus mampu kita lalui. Gagal dalam ujian, kehilangan pekerjaan, belum mendapat pekerjaan, kehilangan orang yang dicintai bisa menyeret kita kedalam keterpurukan.

Bila kita cukup cerdas dalam menghadapi tantangan kehidupan, bermacam bentuk benturan keras seperti itu seharusnya tidak membuat kita semakin terpuruk. Ternyata tantangan kehidupan adalah merupakan kesempatan untuk introspeksi diri. Anggap seperti benturan keras dalam kehidupan yang akan menjadikan kita segera sadar atas kekeliruan yang telah dilakukan, kelemahan yang harus diperbaiki, sehingga mampu menjadikan diri kita lebih baik lagi nantinya.

“Remember the two benefits of failure. First, if you do fail, you learn what doesn’t work; and second, the failure gives you the opportunity to try new approach. – Ingatlah 2 keuntungan yang kita peroleh dari kegagalan. Yang pertama adalah mempelajari apa yang tidak berjalan dengan baik; dan kedua adalah menjadi kesempatan bagi kita untuk mencoba pendekatan baru,” kata Roger Van Oech.




Kalimat motivasi itulah salah satu yang saya baca dan sampai saat ini masih terpatri kuat dalam benak ini. Memotivasi saya untuk bangkit dari keterpurukan dan memulai sesuatu yang baru lagi. Selama kita hidup, tantangan kehidupan akan selalu ada dan tak akan pernah ada habisnya.

Kini pikiran saya terbuka akan apa yang saya alami ini. Keadaan terpuruk yang sebenarnya membawa hal positif pada diri kita sendiri untuk selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik, lebih baik dan lebih baik lagi kedepannya. Semoga apa yang terjadi pada saya ini membawa saya pada kedewasaan, kebijaksanaan dan kualitas iman yang lebih baik lagi. Begitu pun dengan Anda..

*sebuah dorongan dan inspirasi untuk NAIK dan TURUNnya kehidupan :)

Tidak ada komentar: